Please Wait ...
Kata Pengantar

Melangkah maju. Bergerak membangun.

Menghadirkan energi bagi masa depan Indonesia yang lebih terang.

Dalam beberapa tahun terakhir, pertumbuhan ekonomi di Indonesia terus berkembang. Hal ini memberi pengaruh positif pada pembangunan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat. Pertumbuhan tersebut juga berpengaruh pada kebutuhan listrik yang terus meningkat.

Pada 2016, jumlah penduduk Indonesia berada di angka 261,89 juta jiwa dengan besaran konsumsi listrik sebesar 217 TWh. Dari data tersebut, dapat diperkirakan bahwa dalam 20 tahun mendatang, dengan jumlah penduduk mencapai 287 juta jiwa, Indonesia membutuhkan pasokan listrik hingga 483 TWh. Hal tersebut seperti disebutkan di RUPTL 2016-2026, dengan asumsi pertumbuhan ekonomi 6,2% per tahun dan kenaikan konsumsi listrik 8.3% per tahun. Jumlah tersebut diantaranya dipergunakan untuk kebutuhan listrik rumah tangga (42%) dan kebutuhan listrik industri (30%).

Lalu, dari mana kebutuhan listrik sebesar 483 TWh untuk Indonesia nantinya akan dihasilkan?

Di sinilah Cirebon Power hadir, sebagai satu konsorsium internasional yang berkomitmen untuk menghasilkan energi listrik yang akan turut menerangi Indonesia. Sejak berdiri pada tahun 2007, Cirebon Power terus bertransformasi, dari sekedar perusahaan yang memiliki dan mengoperasikan unit pembangkit listrik hingga menjadi pengembang pembangkit listrik swasta terkemuka.

Berjarak sekitar 250 KM di arah timur Ibukota Jakarta, Cirebon adalah satu kota pelabuhan yang terletak di bagian utara provinsi Jawa Barat. Dengan luas wilayah hingga 1.000 KM2 yang melingkupi wilayah kota dan kabupaten, Cirebon di masa lalu merupakan desa nelayan kecil yang kemudian berkembang menjadi salah satu pusat perdagangan terbesar di Jawa. Didukung oleh lokasi yang strategis serta sumber daya alam yang kaya, Cirebon menjadi kota persinggahan bagi jalur ekspor-impor ataupun jalur komunikasi pemerintahan di masa silam.

Pembangkit listrik unit pertama kami berkapasitas 1x660 MW yang berada di Kanci, Kabupaten Cirebon, adalah salah satu pelopor teknologi batu bara bersih Supercritical technology (SC). Sejak beroperasi pada Juli 2012, atau 8 bulan lebih awal dari rencana semula, unit pertama kami ini telah menghasilkan 5 TWh listrik pertahun melalui sistem interkoneksi Jawa-Madura-Bali (Jamali). Didukung lebih dari 200 personel, Cirebon Power berkomitmen untuk mengimplementasikan sistem operasi yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Karena kami juga berkomitmen, untuk tak hanya menghasilkan energi, namun juga turut melestarikan lingkungan dan bersinergi turut membangun masa depan yang lebih baik bersama masyarakat sekitar.

Hal ini tentu berlandaskan empat semangat yang kami usung, yaitu terdepan, terpercaya, bersahabat, dan bermanfaat. Karenanya, kami optimis dengan apa yang kami lakukan. Salah satunya adalah dengan membangun pembangkit listrik unit kedua, berkapasitas 1000 MW dengan Ultra-supercritical technology (USC) yang mampu beroperasi dengan tekanan panas dan temperatur yang lebih tinggi sehingga mendorong tingkat efisiensi hingga 40%. Saat ini hanya ada 3% pembangkit listrik yang menggunakan teknologi ini di seluruh dunia. Teknologi USC memungkinkan penurunan gas emisi CO2 hingga sepertiga dari emisi yang dihasilkan pembangkit listrik teknologi Subcritical. Unit ekspansi 1x1000 MW dengan teknologi USC Cirebon Power disiapkan untuk mulai beroperasi pada tahun 2022.

Inovasi ini merupakan sumbangsih kami dalam mendukung agenda untuk mengurangi emisi global, yaitu dengan menggunakan teknologi yang lebih ramah lingkungan. Sehingga produksi energi listrik di Indonesia lebih andal dan ramah lingkungan.

Kami percaya, dengan mendukung percepatan pembangunan, kami juga tengah mendukung kemajuan bangsa. Dengan energi listrik yang kami hasilkan, kami ingin turut meningkatkan kualitas hidup masyarakat, mendorong pertumbuhan ekonomi, serta menjadikan Cirebon dikenal sebagai pusat energi listrik di Indonesia.

Kini Cirebon Power juga menggandeng Korea Midland Power (KOMIPO) untuk memelopori program vokasi ketenagalistrikan. Inilah niat tulus kami untuk turut menciptakan tenaga kerja yang andal di bidang operation and maintenance (O&M) kelistrikan batubara bersih. Kami pun tengah mengkaji peluang pemanfaatan teknologi digital untuk meningkatkan efisiensi operasi pembangkit listrik.

Cirebon Power memegang kuat semangat untuk bekerja sepenuh hati dan selalu memberi arti. Kami mengupayakan solusi energi yang lebih bersih dan lebih baik, kami akan terus berkarya untuk Indonesia berdaya. Kami berkomitmen memenuhi kebutuhan energi, tidak hanya dengan menerangi negeri, tapi juga turut membangun manusia Indonesia.

Untuk meningkatkan kualitas hidup warga sekitar, Cirebon Power mendukung upaya pemberdayaan masyarakat dan pemberdayaan lingkungan. Beberapa program dan inisiatif yang kami lakukan, antara lain penghijauan dan penanaman bakau, pendirian koperasi warga, pembangunan unit usaha kecil dan menengah, membuka kelas keterampilan, dan memberi apresiasi bagi siswa-siswa berprestasi. Semua kami lakukan karena kami ingin tumbuh bersama dengan keluarga besar kami di Cirebon.

Semoga langkah kami terus melaju, seiring laju pertumbuhan Indonesia menuju masa depan yang lebih terang. Senantiasa menghadirkan solusi energi yang lebih cerdas, bersih, dan andal untuk Indonesia berdaya.


Salam,



Heru Dewanto

Cirebon Power